Sunday, October 30, 2011

d'ez kitchen productions

Kesibukan akhir2 ini adalah mikir merubah d'ez kitchen yang tadinya hanya sebuah nama jadi sesuatu, wadah untuk kegiatan, apapun kegiatan itu yang tentunya masih di dunia saya, kuliner dan travelling.
Beberapa teman juga support untuk hal ini, karena itu diberaniin ajah deh, toch nama ini juga hampir 7 tahun menghias didunia maya.

Juga alhamdulillah d'ez kitchen udah pake logo resmi, yang pake bayar, biar enak, kalau gratisan ntar sungkan meski pastinya yang namanya gratis itu asyik, tapi ya mending cara normal ajah, jadi enak kemana mana.
Kalau nantinya setelah resmi semua sudah terdaftar, hak patent usaha maupun hak cipta, lalu kita punya kantor, ya alhamdulillah juga.
Bukan sok gaya pake kantor segala, tapi minimal punya wadah untuk segala kegiatan yang dikerjakan oleh d'ez kitchen atau timnya, meski mungkin banyakan  kumpul2 nya tapi gpp juga kan. Kadang semua itu bisa ajah bermula dari yang iseng lalu menjadi beneran.... amien InshaAllah.
Sekarang yang ada sekarang tuh belum jelas ujungnya mau kemana, tapi bagusnya emang siap2 dulu deh karena pada akhirnya kami toh akan pulang ke tanah air juga dan bakalan bikin sesuatu deh buat kegiatan kami dihari tua. Ciyeeee...

Tapi yang pasti proyek pertama dari d'ez kitchen : buku masak.
Satu buku udah kelar tapi banyak yang harus direvisi, jadinya masih macet di tim karena sedang final editing.... tapi optimis banget deh karena kedepan rencananya bakalan 5 seri yang terbit dalam setahun mendatang.


Bermula dari kasak kusuk mau bikin buku masak, yang gak pake sponsor siapapun karena emang namanya juga pemula, gak kayak yang udah terkenal jadi "tukang" masak.
Tapi enjoy ajah soale, males juga nulis2 di dunia maya ujungnya malah di copas, dijual buat kepentingan sendiri, gak tanggung2 dua judul  lagi... itu beneran niat banget deh nyetak buku gak pake keringet.

Emang seh perlu biaya, mana kita tuh salah mulu dapetin partner, mahal ajah jatuhnya. Tapi minimal kita jadi tau yang seperti apa yang harus kita cari, bagaimana cara kerja mereka.
Lumayan juga blajar bagaimana caranya nerbitin buku itu..

Kasihan juga kalau lihat buku2 yang dibajak, karena sekarang tambah ngerti bagaimana repotnya bikin buku masak. Ya kalau bikin bukunya asal saja, main copas tentunya gak pake cape, tapi bikin yang bertanggung jawab, resep-resepnya bisa dipraktekkan dengan hasil yang memuaskan tentunya gak mudah.
Lalu cari fotografernya, food stylish yang tentunya satu selera dengan kokinya.
Abis itu cari editor, yang bisa edit tulisan kita , layout-in buku kita dan bikin cover yang cantik buat buku kita.
Selesai urusan editor layout dan cover, maka cari percetakan dan penerbit....
Kalau salah dapat partner, bakalan jatuhnya mahal tuh buku.... apalagi kalau semua dipakai pihak diluar tim, beneran ancur deh budget.

Tapi semua itu pelajaran, dan sangat berharga, jadi kita tau bagaimana susahnya bikin buku dan ketika jadi ehmm.... puas banget karena kita tau bagaimana prosesnya , bak ngelahirin bayi ajah secara normal...

Mungkin ntar2 kalau ada yang ajak bikin buku, kita tinggal nulis doangan ama moto, ya gak nolak juga seh juga minimal kan cara bikin buku udah tau deh... jadi jangan coba-coba pat pat gulipat deh.


Karena itu saya kerjanya tahun ini seh bolak balik ajah AD - Jakarta, mumpung tugas paling crusial sebagai ibu udah kelar, ananda dah beres pendidikan S1nya , sekarang tinggal ambil S2... itu udah bukan tugas utama ibunya lagi buat dorong2 karena dianggap sudah dewasa harus brani tampil dan usaha sendiri, biar cepet dewasa judule... 

Begitulah kira2 ceritanya d'ez production yang sedang dalam proses legal dalam kegiatan nerbitin buku masak......


No comments:

Post a Comment

Assalammualaykum...