Monday, October 31, 2011

Pasar Kopro Jakarta

Pasar ini lumayan bersih, sekali kesini langsung jatuh hati, awalnya saya seringnya pergi ke pasar Grogol hanya malesnya tuh disana gak ada yang bisa giling daging, giling ayam... padahal tukang ayam di Grogol beneran jago kalau motong ayam...

Ada seninya sendiri belanja di pasar tradisonil itu ...
Terutama kalau kita ngga tau harga, dan selama tidak tinggal di tanah air belanjanya hanya ke supermarket aja atau groceri yang tak kenal tawar... bakalan melongo yang anter kita kepasar... semua yang ditawarkan penjual di iyakan saja...

Kita mulai tour pasarnya ...
masuk pasar naik keatas tangga, lalu kita ke sisi kiri pasar ketemu yang jualan  barang2 kelontong lanjut saja jalannya ketemu jembatan yang menghubungkan sisi kiri dan kanan...
Langganan saya yang jualan gandaria dan pete kupas..

Lanjut lagi ketemu bagian sayur, biasanya kalau beli jamur, daun bawang seledri, sayuran keras lainnya disini tapi ada juga yang jual tahu tempe, dan.... telur asin yang sedap. Selalunya mampir disana dulu baru lanjut kebelakang.

Langsung lanjut ke los daging, dan yang paling nyebelin emang tukang daging, kalau kita tanya dia jawab keras2 supaya temen yang lain kompak dengan harga segitu...
Ntar kalau kita beli dagingnya sekian banyak dipaksanya kita beli daging sebanyak utuhan dagingnya, kita beneran harus bisa ngotot gak mau lebih... baru aman.
Ada juga toko daging deket pasar , namanya rumah daging, emang bersih dagingnya, katanya motong sendiri, tapi kenapa yah aku kok lebih demen beli dipasar, meski tukangnya nyebelin tapi lumayan lha.....dagingnya bagus juga kering juga. Hanya kalau mau beli daging sukiyaki emang harus kerumah daging.

Yang saya suka juga adalah ibu yang jualan bumbu pas disebelah los daging, bersama anaknya jualan bumbu, baik yang masih utuhan maupun bumbu giling. Minta racikan bumbu apa ajah jadi, dari mulai semur ayam, ayam goreng, hingga kare, soto, sate padang, rendang, gulai dll... seru juga..
Pengen sesekali minta diracikin buat nasgor bisa gak yah ? *iseng*
Pokoke kalau pas mudik selalu kunjung ke ibu ini, selain ramah juga jualannya sep banget, gak mahal dan barangnya bagus2.

Gak jauh dari penjual bumbu ini, ada langganan saya jualan ikan asin, meski saya gak suka ikan asin tapi sekelilingku demen, suami juga demen jadi sering lah belanja ke ibu yang satu ini, harganya juga mayan bersaing dengan penjual lainnya.

Sayap kanan , paling ujung adalah penjual ayam, ada ayam ngeri ada juga ayam pejantan dan kampung.
Heran juga kenapa tukang ayam ini kok bisa sebagian dibelakang los daging dan ada yang dibagian sini. Tapi jelas yang disisi kanan ini semua yang jualan engkoh dan encik, yang dibelakang los daging, pedagang lokalnya. Entah kenapa kok terpisah begini apa ada cerita dibalik layarnya dulu ? *mulai cari gossip*

Biasanya sebelum ke tukang ayam saya ke tukang lontong dan ketupat yang selalu banyak ceritanya , lalu ke tukang tape yang tapenya beneran enak... , lalu lanjut ke bagian tempe tahu dan toge yang gede2... semua ada disisi deket pagar sisi kanan...
Baru setelahnya saya ke bagian sayur, lalu langsung ke bagian ayam.

Ayam lebih suka beli dipasar, karena saya suka beli pejantan, kalau di bellmart bagusnya kalau mau beli ayam negri, gak terlalu anyir ayamnya..
Dipasar juga ada ayam pejantan matang, udah berwarna kuning dan harganya murah anehnya... ntah ayam apa itu, kalau tiren harusnya gak sebanyak itu setiap hari... tapi matang kok harganya murah yah ?
Masih tanda tanya sampai sekarang.


Terakhir saya biasanya beli telor ayam gak jauh dari tukang ayam, lalu buah dan kantong plastik, lalu terakhir ke si bapak penjual makanan kering, mulai dari kerupuk, kecap dll, orangnya asyik, bapak pensiunan kliatannya jualan bersama anak2nya.
Ada juga toko keringan yang suka saya datangi, yang jualan tepung kanji yang bagus buat kue lapis kanji. Saya dapet macem2 juga ditempatnya terutama gula merah cantik.

Biasanya setelah semua dikunjungi saya turun kebawah cari tukang pecel, beli dan bawa pulang, belinya dipisah, supaya sayurannya bisa disiram air panas, bumbunya digodog lagi, jadi selamat makannya.
Tapi akhir2nya demen beli mie ayam yang rasanya lebih ke mie kampung dari pada mie Cina, tapi enak mienya, kuahnya aja yang agak coklat karena dipakainya kecap asin yang agak coklat. Tapi beneran enak, sayurannya ada toge dan sawi ijo, pangsitnya seh kurleb aja, tapi mienya boleh saingan ama bakmi GM....
Ayamnya dipake ayam cincang, jadi irit tentunya, tapi lumayan enak kok.

Biasanya setelah beli mie, kita langsung tancap pulang buat segera sarapan mie dan siang pastinya menu adalah pecel dengan ayam goreng kuning..
Biasanya belanjaan buat makan malam atau besok2annya... biar gak kelenger abis dari pasar kudu buru2 masak....

Begitulah nyonya wanna be ini kalau kepasar kopro.

*ada satu lagi yang khas hanya ada di Grogol, kolang kaling yang segede gaban, dipasar kopro ini sayangnya engga ada yang sebesar itu.*




No comments:

Post a Comment

Assalammualaykum...